Mengenal Model Rumah Minimalis

Siapapun yang berkiblat pada konsep minimalis di dalam berbagai bidang seperti musik, lukisan, furniture, desain kamar atau dekorasi interior bahkan model rumah minimalis akan berkaitan dengan kesederhanaan dan tantangan untuk menjaga hal-hal 'sederhana'. Di bidang arsitektur atau desain rumah, makna mininalis terutama yang diterapkan pada beberapa bagian ruangan seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur dan ruang bangunan lainnya akan menyederhanakan segala sesuatu yang rumit sesuai dengan kebutuhan klien. Ya itulah filosofi dasar dari konsep minimalis yaitu menyederhanakan sesuatu yang rumit. Ada beberapa model rumah minimalis yang bisa dijadikan referensi oleh anda ketika akan membangun rumah.

Pertama, model rumah minimalis yang didominasi oleh penggunaan material kaca. Saat ini, ada konsep minimalis yang cukup populer yaitu dengan banyak menggunakan material kaca di hampir semua bagian rumahnya. Di luar negeri seperti amerika, pemanfaatan kaca sebagai dinding rumah sudah banyak dikembangkan. Hal tersebut menyebabkan pelabelan konsep rumah seperti itu sebagai rumah transparan. Meskipun menggunakan kaca, tapi kaca yang digunakan adalah kaca tebal dengan ukuran tertentu sehingga tidak mudah pecah. Bentuk dari kaca pun menyesuaikan bentuk, ukuran dan lekuk dari rumah. Konsep transparan tersebut dipadukan dengan konsep hijau di lingkungan sekitar rumah seperti taman. Pemandangan tersebut bisa langsung dilihat dari dalam rumah karena transparan. 

Kedua, model rumah minimalis yang didominasi kayu dan kaca. Di wilayah dingin seperti eropa dan amerika berkembang sebuah konsep rumah minimalis yang didominasi oleh material kayu dan paduan kaca. Bangunan seperti ini banyak ditemukan di kawasan bersalju. Penggunaan material kayu ditujukan untuk mengurangi suhu dingin yang ditimbulkan oleh cuaca dan salju yang turun. Kayu dikenal memang bisa menghangatkan ruangan dibandingkan dengan dinding. Konsep rumah pun biasanya tidak menyentuh tanah secara langsung namun ditopang oleh tiang-tiang pondasi. Bagian bawah rumah dibiarkan kosong. Bagian kaca rumah dipakai untuk sebagian dinding rumah sehingga penghuni bisa secara langsung melihat kondisi di luar.

Ketiga, model rumah minimalis dengan banyak lekukan di berbagai bagian rumah. Ada juga konsep wavy untuk rumah minimalis modern saat ini. Rumah dibuat dengan bahan yang modern yang mengutamakan keramahan terhadap lingkungan. Ciri khas yang ditonjolkan adalah tidak banyak jendela dan banyak lekukan di berbagai bagian ruangan terutama di bagian dinding dan atap rumah.
Keempat, model rumah minimalis terbuka. Di amerika, berkembang juga konsep minimalis terbuka. Untuk rumah dengan dua lantai, biasanya di lantai bawah akan menggunakan konsep terbuka atau bisa juga dibuat terbalik. Ruangan terbuka digunakan untuk ruangan makan yang menghadap ke kolam renang. Hal tersebut membuat penghuni merasa nyaman ketika makan karena akan langsung menghirup udara segar.

model rumah minimalis

model rumah minimalis  2

model rumah minimalis modern

model rumah minimalis 3



Share on Google Plus

0 comments: