Tips Mencari Rumah Minimalis Type 90

Perkembangan dunia property semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun seiring dengan meningkatnya permintaan pasar. Di segmen pasar property kelas menengah, terdapat pilihan rumah minimalis type 90. Banyak developer menggarap segmen pasar ini. Selain luas tanah dan bangunan yang cukup leluasa, type ini pun memungkinkan perluasan bangunan pasca pembelian. Tidak semua developer menawarkan produk propertinya sesuai dengan yang dijanjikan. Oleh karena itu, sebagai pembeli kita harus jeli dan teliti di dalam memilih rumah minimalis type 90

Pertama, di dalam memilih rumah minimalis type 90 kita dapat mencari brosur-brosur tentang rumah dari beberapa developer. Hal ini dilakukan sebagai bahan perbandingan. Bacalah dengan seksama informasi yang diberikan di dalam masing-masing brosur agar anda paham betul apa yang mereka tawarkan. Informasi yang terdapat di dalam brosur adalah presentasi dari produk yang mereka tawarkan. Bacalah jeli di bagian spesifikasi dan skema pembayaran yang mereka tawarkan. Hal tersebut merupakan bahan awal bagi anda sebelum melakukan site visit (kunjungan langsung).

Kedua, di dalam memilih rumah minimalis type 90 harus diperhatikan kesesuaian luas tanah dan bangunan pada saat anda melakukan kunjungan langsung. Untuk mengetahui hal ini, anda harus melakukan pengukuran sendiri atau meminta seseorang yang memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut; semisal oleh arsitek atau lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kesesuaian antara apa yang diwarkan dengan yang ada di lapangan. Untuk mengetahui hal ini tidak bisa dilakukan dengan melakukan perkiraan semata dengan cara melihat atau hanya menebak saja. Jika luas bangunan dan tanah tidak sesuai dengan yang ditawarkan maka sebetulnya yang dirugikan adalah konsumen. Selain itu, jika luas tanah dan bangunan tersebut tidak sesuai akan menyebabkan perubahan harga dari apa yang ditawarkan. 

Ketiga, di dalam mencari rumah minimalis type 90 adalah surat-surat status tanah. Legalisasi dari status tanah yang akan anda beli adalah hal yang penting. Ada beberapa tawaran yang biasanya ada di pasaran yait Hak Guna Bangunan (HGB) dan Surat Hak Milik (SHM). HGB adalah surat yang menyatakan tentang status tanah yang berarti bahwa anda sebagai pemilik mempunyai hak untuk menggunakan dan membangun bangunan di atas tanah tersebut dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan SHM adalah surat yang menyatakan bahwa anda mempunyai hak penuh terhadap tanah dan bangunan di atas tanah tersebut tanpa ada batasan jangka waktu apapun. Dengan perbedaan tersebut, maka akan mengakibatkan perbedaan harga diantara keduanya. Harga rumah minimalis type 90 yang bersertifikat tanah HGB akan lebih murah dibandingkan dengan yang sudah SHM. Walaupun HGB, sebenernya anda bisa menaikkan status sertifikat tanah HGB menjadi SHM setelah jangka waktu tertentu.

rumah minimalis type 90

rumah minimalis type 90 bali

rumah minimalis type 90 terbaru


Share on Google Plus

0 comments: