Tips Memilih Canopy Minimalis

Hampir semua rumah yang sehat dan sesuai standar layak pasti memiliki halaman untuk parkir kendaraan. Jika halaman parkir di rumah belum dilengkapi atap, maka permasalahan yang akan muncul adalah percepatan kerusakan pada kendaraan anda. Kondisi cat mengelupas, kusam, karat dan lain sebagainya akan menghinggapi kendaraan yang disimpan di tempat terbuka yang tidak terlindungi dari air hujan dan sinar matahari langsung. Pemilihan atap halaman parkir dewasa ini sudah menggunakan canopy. Adapun dalam perkembangannya, canopy minimalis menjadi pilihan primadona saat ini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan canopy minimalis menjadi pilihan primadona saat ini yaitu seperti karena gayanya yang tidak ribet dan terkesan lebih simple. Harga yang lebih murah dibanding dengan canopy yang dibuat dengan relief tertentu. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam memilih canopy minimalis.

Pertama, pemilihan desain canopy minimalis. Meskipun disebut sebagai canopy minimalis, tetap saja desain harus dibuat sesuai dengan kebutuhan bentuk dan ruang rumah anda. Dalam mendesain canopy, harus diperhatikan beberapa faktor seperti faktor kesesuaian dengan bentuk/arsitektur eksterior rumah anda. Kesesuaian antara desain canopy dengan arsitektur adalah hal yang mutlak harus diperhatikan jika tidak ingin terlihat tak harmoni. Hal ini penting diperhatikan karena banyak rumah atau bangunan yang menggunakan canopy yang tidak selaras dengan arsitektur rumah atau bangunannya itu sendiri. 

Kedua, pemilihan tinggi dan aliran air hujan ke saluran pembuangan. Tinggi antara lantai dengan atap canopy harus diperhatikan. Semakin tinggi penempatan canopy minimalis akan mempengaruhi suhu ketika terkena sinar matahari. Ketika peletakkan canopy semakin tinggi maka sinar matahari yang masuk ke bawah akan semakin berkurang. Begitu juga dengan panas yang disalurkan sinar matahari pun akan semakin terkurangi. Selain itu, aliran air dari canopy harus diperhatikan. Tinggi antara canopy belakang dengan depan atau samping kanan dan kiri harus diperhatikan agar aliran air hujan bisa lancar tersalurkan ke saluran pembuangan. Ada banyak desain canopy minimalis yang yang bagus dan mewah tetapi tidak memiliki aliran air hujan yang baik sehingga menyebabkan air hujan meluber ke tempat yang tidak seharusnya. Hal tersebut mengakibatkan kekecewaan dan jika ingin dirubah maka harus ada perombakan yang besar. Hal ini akan memaksa anda untuk mengeluarkan extra cost dan tenaga. 

Ketiga, pemilhan bahan canopy minimalis. Pada perkembangannya tiang untuk penyangga atap canopy dan rangkanya terbuat dari bahan yang terbuat dari besi kopong yang tidak tahan terhadap karat. Besi kopong memang ringan tetapi ketika terkena hujan dan sinar matahari yang intens akan mengakibatkan korosi. Hal tersebut membuat inovasi baru yang lebih kuat dan tahan lama yaitu penggunaan bahan alumunium sebagai rangka canopy minimalis. Rangka alumunium memang bersifat anti terhadap karat. Walaupun begitu, harganya pun berbeda dengan besi kopong. Semua tergantung pilihan anda.

canopy minimalis

foto canopy minimalis

desain canopy minimalis

canopy minimalis teras

canopy minimalis 2 lantai


Share on Google Plus

0 comments: