Tips Memilih Warna Cat Rumah

Istilah rumah sebagai surga bagi para penghuninya akan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu diantaranya adalah dipengaruhi oleh faktor pemilhan warna cat rumah. Meskipun desain arsitektur rumah anda sudah bagus dan cantik tapi ketika pemilihan warna cat rumah tidak bagus maka akan membuat desain arsitektur tersebut menjadi tidak maksimal. Ada istilah lain yang sering didengar oleh kita adalah cinta pertama lahir dari pandangan pertama terhadap penampilan fisik. Warna cat adalah pemanis dan pelengkap dari tampilah fisik dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, untuk menciptakan tampilan fisik yang menarik, selaras, dan indah untuk dipandang maka sudah dipastikan untuk memilih warna cat yang penuh pertimbangan. Ada beberapa tips memilih warna cat rumah. Dalam hal ini kita harus merujuk pada referensi ahli psikologi warna. Berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang makna warna-warna yang akan kita pilih.

Warna merah. Warna merah adalah warna yang menyimbolkan efek maskulin, energi, semangat, dan kehangatan. Pemilihan warna merah untuk warna cat rumah diharapkan akan memberikan efek maskulin, energy dan semangat bagi penghuninya. Warna ini sedikit dianggap sebagai warna yang tidak terlalu netral atau umum. Warna merah dianggap warna yang bersifat personal mewakili perasaan masing-masing orang. Oleh karenanya, pemilihan warna merah untuk warna cat rumah biasanya dipilih oleh masing-masing individu anggota keluarga seperti anak laki-laki yang menginginkan warna merah untuk warna cat di kamarnya. Sedangkan warna merah muda atau pink dianggap sebagai warna feminine yang menyimbolkan kelembutan. Warna ini banyak dipilih untuk kamar perempuan yang masih remaja.

Warna putih. Warna putih merupakan warna netral yang menyimbolkan kebersihan dan kesucian. Warna putih merupakan warna netral yang banyak dipilih baik untuk bagian eksterior maupun interior rumah. Warna cat rumah yang bernuansa putih akan menimbulkan efek tenang. Namun kelemahannya adalah mudah kotor dan mudah terlihat kusam.

Warna hijau. Warna hijau merupakan warna yang menyimbolkan kesejukan, alami, dan keteduhan. Warna cat rumah yang bernuansa hijau akan menciptakan nuansa rumah yang alami seperti di alam. Warna ini banyak dipilih untuk warna kamar tidur. Warna ini memberikan efek sejuk bagi yang melihatnya. 

Warna biru. Warna biru merupakan warna yang menyimbolkan kebahagiaan, keleluasaan, dan kebebasan. Warna cat rumah yang bernuansa biru akan menimbulkan efek keleluasaan dan kebebasan seperti langit dan air laut yang luas. 

Warna coklat. Warna coklat merupakan warna yang menyimbolkan ketenangan (calm). Warna coklat memberikan efek kesejukan bagi yang melihatnya. Warna ini pun termasuk warna favorit. Warna cat rumah yang bernuansa coklah akan menimbulkan efek tenang. Warna cat ini banyak juga dipilih untuk warna kamar.

warna cat rumah pink

warna cat rumah modern

warna cat rumah hijau

warna cat rumah ungu




Share on Google Plus

0 comments: